Lemah Jantung

Lemah jantung adalah suatu keadaan dimana kerja jantung tidak berfungsi secara optimal atau tidak kuat dalam memompa darah dan oksigen. Jantung lemah dimana kondisi jantung tidak berfungsi dengan baik dan normal dengan kata lain kemampuan yang menurun. Jantung memiliki otot otot khusus yang kemampuannya sangat tergantung  dari tekanan darah yang ada pada tubuh kita. Jantung lemah umumnya diderita oleh seseorang yang sebelumnya atau setelah mengalami suatu penyakit atau dalam kondisi memiliki kelainan pada jantung. Jika tekanan darah tinggi, maka tegangan pada otot makin besar dab seperti itu juga sebaliknya, apabilatekanan darah rendah maka tegangan pada otot akan rendah pula.

Seseorang yang memiliki penyakit lemah jantung harus segera ditangani, agar keadaan tidak semakin memburuk dan memperparah kondisi jantung yang saat ini dialami. Terdapat serambi 3 hingga 20 pesakit lemah jantung bagi setiap 1000 orang. Untuk orang yang memiliki usia diatas 65 tahun seramai meningkat menjadi 100 pesakit pada setiap 1000 orang. Umumnya seseorang yang memiliki keadaan jantung yang lemah selalu dikaitkan dengan beberap fenomena seperti tangan selalu berkeringat, sering mengeluh cepat lelah dsb.

Tangan yang sering berkeringat tidak selalu menjadi suatu tanda dari seseorang menderita lemah jantung. Jantung lemah dapat terjadi setelah seseorang berusia remaja atau memang sudah mengalami kelainan jantung sewaktu kecil. Jantung yang lemah juga dapat dijadikan suatu tanda dari seseorang menderita penyakit jantung komplikasi.

Tanda Tanda lain dari penyakit lemah jantung ini adalah:

- Batuk yang tidak sembuh-sembuh

yang disebabkan adanya penumpukan cairan dalam paru-paru yang kemungkinan akan berubah menjadi dahak atau lendir yang bercampur darah.

- Berkurangnya nafsu makan

ketika hati dan sistem pencernaan sudah bekerja keras namun gagal menerima pasokan darah sehat, yang mengakibatkan muncul rasa mual atau kenyang padahal perut belum terisi makanan atau belum makan, hal ini bisa menjadi menyebabkan berat badan berkurang dengan cepat.

- Gangguan fikiran

Gangguan fikiran atau terlalu banyak beban fikiran. Dipengaruhi dari adanya kadar zat yang melebihi batas atau abnormal dan kurang aliran darah ke otak yang mengganggu daya inget.

- Terganggunya aliran darah ke ginjal

yang menyebabkan penumpukan cairan dan pembengkakan. Karena aliran darah ke ginjal yang terganggu, maka ginjal memproduksi hormon yang menyebabkan penyimpanan garam dan air. pembangkakan itu disebut juga dengan edema. Pembengkakan paling sering terjadi pada pergelangan tangan atau kaki.

Ciri-ciri penderita penyakit lemah jantung yang dapat dikenali dengan bebepara ciri seperti fisiknya yang mudah lelah, batuk-batuk, serta sesak nafas hal tersebut juga dinamakan dengan diastolik. Gangguan diastolik ini akan terus berlanjut apabila tidak segera ditangani dan akan menyebabkan gangguan lainnya yaitu gangguan siastolik. Gangguan siastolik ini terjadi akibat adanya arus balik ke jantung tidak dapat dikendalikan yang akan menyebabkan pembengkakan pada kedua tungkai dalam otot jantung dan akan berakhir fatal menjadi penyakit jantung koroner.

Untuk penderita jantung lemah, diutamakan pasokan oksigen yang memadai atau cukup untuk mengoptimalkan fungsi sistolik. Untuk mengobati fungsi jantung, pastikan otot dalam jantung mampu memompa darah dan membawa oksigen yang cukup untuk jantung. Serta diimbangi dengan melakukan olahraga ringan dengan kemampuan jantung untuk membantu kinerja jantung sesuai dengan kemampuan jantung itu sendiri, dan berguna untuk membantu kinerja jantung agar otot jantung semakin kuat.

Beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari lemah jantung dengan cara:

- Rajin olahraga untuk memulihkan penyakit lemah jantung.

Berolahraga sangat baik untuk penderita jantung lemah seperti melakukan aerobik, joging, jalan santai tanpa menggunakan alas kaki, berkebun, naik sepeda dan berenang.Untuk penderita jantung lemah hendaknya melakukan olahraga irngan ini secara rutin dan teratur selama 30 menit dan 5 kali dalam seminggu. Dengan berolah raga aerobik ini bermanfaat untuk memperkuat jantung anda. Aerobik terbukti mengurangi respon yang berlebihan dalam tubuh. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung anda karena respon yang berlebihan dalam tubuh dapat menjadi pangkal terjadinya penyakit jantung lemah.

- Mengurangi konsumsi makanan berlemak seperti daging dan kulit ayam.

bagi anda pecinta daging maupun makanan yang mengandung lemak lainnya atau makanan yang berminyak ada baiknya anda untuk menurangi mengkonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi tersebut. Karena makanan yang mengandung kolesterol tinggi dapat mengakibatkan adanya penimbunan lemak yang akan membahayakan kesehatan jantung anda.

- Menjaga pola makan

Menjaga pola makan agar tidak mengonsumsi makanan yang tidak sehat agar tidak mengganggu kinerja jantung anda. Khususnya makanan kaleng hasil olahan pabrik yang biasanya mengandung lemak yang dapat mempengaruhi kinerja jantung anda.
Wapada terhadap penyakit yang berujung pada penyakit lemah jantung seperti, diabetes dan kelebihan kolesterol. ntuk itu, Anda wajib mewaspadai terjadinya kondisi buruk tersebut. Selalu menjaga kesehatan tubuh dan berkonsultasi dengan dokter merupakan cara untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan tersebut.

Penjelasan diatas sudah dijelaskan mengenai arti jantung lemah, tanda tanda yang timbul saat jantung lemah menyerang anda dan bagaimana cara untuk mengurangi risiko terkena jantung lemah. Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasi tentang lemah jantung ini. Terima kasih


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Jantung Lemah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>